PERTEMUAN KELUARGA

22.8K 3K 750
                                    

Sejak gue ada di sini sekitar dua jam yang lalu, gue udah ketemu banyak wajah baru yang cukup asing tapi nggak asing-asing banget. Karena antara satu wajah dan wajah lainnya mirip-mirip, itu bikin gue mikir kalo mereka memang punya hubungan darah.

Dari tadi, gue udah berkali-kali nubruk anak kecil yang lari-larian dari teras rumah sampe ke belakang. Anak kecilnya banyak banget. Gue sampe susah ngitunginnya. Jarak usia mereka nggak begitu jauh. Sekitar tujuh sampe sepuluh tahunan.

Saking ramenya, gue sampe bingung mau milih mojok di mana. Di setiap sudut rumah, pasti ada orang yang lagi duduk-duduk sambil ngobrol. Mau sok-sokan nimbrung, lah kitanya belum akrab banget. Secara, gue juga baru kali ini ketemu mereka.

Alhasil, yang gue lakuin ya cuma berdiri-berdiri doang. Megangin tiang sambil stand by kali-kali ada yang butuh bantuan gue buat ngangkat-ngangkat barang. Nggak lupa gue usahain untuk terus senyum. Apalagi kalo udah ada yang ngomong:

"Oh jadi ini yang namanya Fero."

Gue harus ngeusahain muka gue enak diliat pake senyuman. Karena gue sadar, gue nggak cakep-cakep amat. Ya masa udah jelek jarang senyum. Emangnya mantan lu?

"Fero! Sini loh duduk, masa berdiri di situ terus dari tadi," kata satu-satunya perempuan yang gue kenal di tempat ini. Dia adalah Nyokapnya Fresha.

Calon ibu mertua gue.

Gue ngangguk-ngangguk. Persis kayak anjing mainan yang biasa nempel di dashboard mobil. Habis itu, gue nurut langsung duduk di sofa. Di depan gue, ada Eyangnya Fresha yang baru dateng dari Jogja. Di sebelahnya, ada Nyokap Fresha dan dua adik perempuannya. Seinget gue, nama mereka Tante Indah dan Tante Dyaning.

Gue ngerasa suasana awkward banget. Paling nggak bisa gue kalo ada acara kumpul keluarga gini. Kalo keluarga gue sendiri ada acara, gue lebih milih ngumpet di kamar. Bukannya anti sosial, gue cuma males ngadepin topik obrolan orang dewasa yang nggak ada menarik-menariknya.

Walaupun di umur gue yang sekarang, harusnya kata males itu nggak ada lagi. Urusan-urusan gue sekarang udah harus melibatkan orang dewasa. Suka nggak suka.

Dan kali ini, gue nggak bisa ngumpet di kamar atau di tempat manapun. Sekarang situasinya, gue ada di tengah-tengah acara keluarganya Fresha. Syukuran kecil-kecilan Fresha wisuda. Dan lo tau? Keluarganya banyak banget. Malah katanya ini belum ngumpul semua. Nggak kebayang gue kalo keluarga besarnya dikumpulin jadi satu. Pak Hernawan bakal nyewa aula kayaknya.

Pak Hernawan itu Bokapnya Fresha. Calon ayah mertua gue.

Sebagai pacar Fresha yang udah lumayan dikenal hampir setengah keluarga besarnya, gue emang harus hadir kalo ada acara ginian. Bukan sekedar dateng terus nunjukin muka. Tapi gue bener-bener harus kenal dan berbaur. Karena nantinya keluarga Fresha bakal jadi keluarga gue juga.

"Eyang lupa siapa namanya. Fero, ya? Iya kan, Wid?" Tiba-tiba Eyangnya Fresha nanyain gue ke Tante Widya. Gue auto noleh ke Nyokapnya Fresha yang lagi senyum itu.

"Iya, Bu. Fero namanya."

Gue ikutan senyum.

"Siapa namanya, Mbak?" tanya laki-laki yang baru aja dateng dari arah depan. Dia suaminya Tante Dyaning.

"Fero, Om." Gue nyamber.

"Ohh. Iya, iya. Sekampus sama Fresha?" Dia nanya lagi.

"Iya, Om. Hehehe," gue nyengir kuda.

"Fero ini anak arsitektur loh, Mas Iyat," kata Tante Indah menjelaskan. Emang. Tante Indah udah beberapa kali ketemu gue waktu gue sama Fresha main ke butiknya dia.

PreparedWhere stories live. Discover now