10. | GEDUNG BELAKANG SEKOLAH

15.7K 1.9K 425
                                    

Ngomong-ngomong soal kelakuan gue di sekolah, yang minus sama yang plus perbandingannya jauhhhhh banget. Jauhnya kayak hubungan lo sama mantan lo itu. Serius. Udah nggak usah sedih gitu mukanya.

Berhubung waktu itu gue ketemu Fresha dan dia tau nama gue, itu bikin gue mikir lagi apa yang udah gue lakuin sampe bisa dikenal sama Fresha. Dan kayaknya... banyak.

Betewe si Fresha beneran kenal gue kan yak? Nggak kayak omongannya yang katanya dia tau nama gue dari nametag seragam? Gue sih mikirnya dia emang tau gue. Alesan aja tuh dia ngomong tau dari seragam. Gengsi lah, biasa.

Ya secara nama gue udah berkali-kali dipanggil lewat toa ruang BP, masa Fresha nggak ngeh. Nggak mungkin selama sekolah di Pancasila kupingnya disimpen di laci.

Atau jangan-jangan beneran dia taroh di laci?

Karena setelah gue pacaran sama dia di kehidupan yang sekarang, Fresha ngomong kalo dulu dia emang bener-bener nggak kenal gue. Malah dia ngomong kalo nakalnya gue nakal tanggung. Nggak nakal yang seantero sekolah pada tau.

Kalo gue pikir-pikir, ada benernya juga. Dulu gue cuma ngelakuin apa yang kebanyakan temen-temen gue pada lakuin. Kalo lo ngecap gue badboy, itu salah. Nggak ada hal wow yang gue lakuin di jaman sekolah dulu selain... tawuran.

Paling sering juga ngerokok.

Bolos sekolah.

Lompat pager.

Ngibulin guru.

Nyalin PR Dion.

Cabut jam pelajaran.

Berantem.

Tapi bukannya setiap murid laki-laki pernah ngelakuin seenggaknya satu dari itu semua? Kalo gitu, semua murid cowok berarti badboy?

Intinya gue, David, Reynold, Kemal, Althaf, Galih, sama Dion cuma kumpulan manusia biasa yang sibuk nikmatin masa SMA. Walaupun kita satu geng, tapi nggak ada sejarahnya orang-orang sampe pada takut sama kita. Ngapain juga gue ngaku-ngaku geng gue paling sangar se-sekolahan. Itu biar persepsi orang aja yang bilang. Sejauh ini, yang gue tau orang-orang cuma mandang kita negatif doang. Belum sampe level takut yang lo bayangkan.

"Kamu ini mau apa sebenernya?" kata Pak Haris waktu dia manggil gue ke ruang BP. Seinget gue dulu kasusnya berantem sama guru PPL.

Gue cuma bisa diem waktu itu, sambil bayangin muka guru PPL yang gue ajak ribut gara-gara dia ngelempar gue pake penghapus papan. Ternyata dia ngadu ke Pak Haris. Dasar cupu.

"Yang kamu pukul itu guru! Orang yang mengajar kamu!" kata Pak Haris lagi.

Ya kali dah guru. Guru macam apa yang siswanya cuma bengong trus dilempar pake penghapus papan? Kena muka pula. Emangnya nggak bisa negor gue pake mulut aja?

"Maaf, Pak. Saya cuma refleks," kata gue sambil nunduk ngeliatin ujung sepatu.

"Halah! Refleks apanya? Kamu itu memang sudah hobi berkelahi. Jadi yang selama ini juga refleks?" Pak Haris ngebentak gue dari mejanya.

Perlu lo tau sedikit gambaran muka Pak Haris. Dia punya bekas luka bakar di deket matanya sebelah kanan. Mirip karakter Zuko di film Aang. Setiap dia marah, gue ngerasa bekas luka itu keluar api. Lumayan serem. Tapi gue nggak takut.

"Saya akan hukum kamu."

Gue melengos. Nunggu Pak Haris mikir hukuman apa yang cocok buat gue.

"Selama sebulan, kamu harus membantu Pak Samuel di sekolah. Kalau dia minta pertolongan, kamu wajib membantu."

Gue pengen ngumpat di depan muka Pak Haris rasanya. Kata-kata kotor udah nyampe ujung lidah gue waktu itu.

"Apa, Pak? Saya nggak mau." Gue nolak mentah-mentah. Ya menurut lo aja. Pak Samuel itu guru PPL yang gue ajak berantem. Masa gue harus jadi kacungnya selama sebulan? Gue rela dihukum apa aja. Diskors seminggu atau bahkan sebulan. Asal nggak ngebantuin guru songong kayak dia.

PreparedWhere stories live. Discover now