SADEWA - Pandawa Kembar

9.6K 130 3
                                    

Nakula dan Sadewa merupakan anak yang terlahir dari istri Pandu yaitu Madri karena bantuan Batara Aswin (Dewa Tabib).

Nakula dan Sadewa adalah anak kembar dimana Nakula sebagai saudara yang lebih tua dan Sadewa sebagai saudara termuda. Meskipun kembar, mereka tidak mirip, Nakula memiliki wajah yang lebih tampan daripada Sadewa tapi Sadewa lebih pandai daripada kembarannya terutama ilmu perbintangan,

Sadewa yang meski berusia lebih  muda namun memiliki kebijaksanaan yang sangat tinggi. Bahkan kakaknya sendiri, Yudhistira menyebut kalau Sadewa lebih bijak dari guru para dewa “Wrehaspati”.

Sadewa memiliki kemampuan meramal peristiwa yang akan terjadi namun ia akan dikutuk (Kepalanya akan belah dua) jika menceritakan hasil ramalannya tentang masa depan. Sadewa lah salah satu anggota Pandawa yang paling disayangi oleh Kunti.

Pada Serial Mahabharata Antv, dikisahkan, Jika akan terjadi suatu musibah terhadap Pandawa dan ibunya, Sadewa selalu mendapatkan firasat sebelumnya namun tidak dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Misalnya saat kematian Pandu ayahnya, saat Bima diracun dan kejadian kejadian lain.

Ketika permainan dadu akan dilaksanakan, Sadewa sudah mendapat firasat bahwa nanti mereka akan menyaksikan adharma terbesar yg belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itupun menjadi kenyataan.

Dalam hal perbintangan atau astronomi, kepandaian Sadewa jauh di atas murid-murid Drona yang lain. Selain itu, ia juga pandai dalam hal beternak sapi. Maka ketika para Pandawa menjalani hukuman menyamar selama setahun di Kerajaan Matsya akibat kalah bermain dadu melawan Kurawa, Sadewa pun memilih peran sebagai seorang gembala sapi bernama Tantripala.

Sadewa merupakan yang termuda di antara para Pandawa yaitu sebutan untuk kelima putra Pandu, raja di Hastinapura. Sadewa dan saudara kembarnya, Nakula, lahir dari rahim putri Kerajaan Madra yang bernama Madri (dalam pewayangan disebut Madrim).

Sementara itu ketiga kakak mereka, yaitu Yudistira, Bima, dan Arjuna lahir dari rahim Kunti. Meskipun demikian, Sadewa dikisahkan sebagai putra yang paling disayangi Kunti.

Nakula dan Sadewa lahir sebagai anugerah dewa kembar bernama Aswin, karena Pandu saat itu sedang menjalani kutukan sehingga tidak bisa bersetubuh dengan istrinya. Keduanya lahir di tengah hutan ketika Pandu sedang menjalani kehidupan sebagai pertapa.

Setelah kemenangan Arjuna atas sayembara memanah di Kerajaan Pancala, maka semua Pandawa bersama-sama menikah dengan Drupadi, putri negeri Pancala tersebut. Dari perkawinan tersebut Sadewa memiliki putra bernama Srutakirti.

Selain itu, Sadewa juga menikahi puteri Jarasanda, raja Kerajaan Magadha. Kemudian dari istrinya yang bernama Wijaya, lahir seorang putra bernama Suhotra.

Sangkuni adalah paman para Kurawa dari pihak ibu. Ia mengadu domba Pandawa dan Kurawa, sehingga terjadi perang saudara yang terkenal dengan sebutan Baratayudha. Melalui permainan dadu, Sangkuni secara licik berhasil merebut Kerajaan Indraprastha dari tangan para Pandawa.

Setelah itu Pandawa dan Drupadi dihukum menjalani pembuangan selama 12 tahun di hutan, serta setahun menyamar.

Dalam penyamaran di Kerajaan Matsya, Sadewa berperan sebagai seorang gembala sapi bernama Tantripala. Ia menyadari bahwa penderitaan para Pandawa adalah akibat ulah licik Sangkuni. Maka ia pun bersumpah akan membunuh orang itu apabila meletus perang saudara melawan Kurawa.

Setelah masa hukuman berakhir, pihak Kurawa menolak mengembalikan hak-hak Pandawa. Upaya perundingan pun mengalami kegagalan. Perang di Kurukshetra pun meletus.

Meskipun jumlah kekuatan pihak Pandawa lebih sedikit, namun mereka memperoleh kemenangan.

Pada hari ke-18 Sangkuni bertempur melawan Sadewa. Dengan mengandalkan ilmu sihirnya, Sangkuni menciptakan banjir besar melanda dataran Kurukshetra. Sadewa dengan susah payah akhirnya berhasil mangalahkan Sangkuni dengan pedangnya.

Sementara itu dalam pewayangan Jawa, Sangkuni bukan mati di tangan Sadewa, melainkan di tangan Bimasena.

Kisah Tokoh Tokoh MAHABHARATATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang