SUBADRA - Istri Arjuna

28.1K 296 34
                                    

Subadra adalah adik tiri Krisna, lain ibu. Ia merupakan puteri bungsu raja Basudewa, dari isterinya yang bernama Rohini. Subhadra adalah inkarnasi dari YogMaya.

Subadra dilahirkan setelah kedua kakaknya, yaitu Kresna dan Baladewa, membebaskan Basudewa yang dikurung oleh Kamsa di penjara bawah tanah. Kemudian Ugrasena, ayah Kamsa diangkat menjadi raja di Mathura dan Subadra hidup sebagai putri bangsawan di kerajaan tersebut bersama dengan keluarganya.

Saat Arjuna menjalani masa pembuangannya karena tanpa sengaja mengganggu Yudistira yang sedang bermesraan dengan Drupadi, ia berkunjung ke Dwaraka, yaitu kediaman sepupunya yang bernama Kresna, karena ibu Arjuna (Kunti) bersaudara dengan ayah Kresna (Basudewa).

Di sana Arjuna bertemu dengan Subadra dan mengalami nuansa romantis bersamanya. Kresna pun mengetahui hal tersebut dan berharap Arjuna menikahi Subadra, demi yang terbaik bagi Subadra.

Pada saat itu status Arjuna adalah suami yang memiliki tiga istri, yaitu Drupadi, Citrānggadā, dan Ulupi. Maka pernikahannya dengan Subadra menjadikan Subadra sebagai istrinya yang keempat.

Subadra dan Arjuna memiliki seorang putra, bernama Abimanyu.

Ibu dari Abhimanyu ini merupakan seorang puteri anggun, menarik, lembut, tenang, setia dan patuh pada suami sehingga mampu membuka rasa cemburu Drupadi terhadap suaminya.

Pada serial Mahabharata ANTV diceritakan bahwa suatu hari Subadra berkunjung ke Hastinapura untuk mengunjungi bibinya yakni Kunti dan para sepupunya Pandawa. Saat itu Subadra bertemu pertama kali dengan Arjuna dan jatuh cinta kepadanya.

Pada Episode 67 Mahabharata ANTV, Subadra senang saat Arjuna akan masuk kamarnya. Namun sebelum menyuruhnya masuk, dia bentangkan banyak kain di lantai. Saat Arjuna masuk, Subadra mengusili dengan menyuruh Arjuna melangkahi kain-kain itu untuk mendekatinya. Arjuna tahu itu adalah balasan atas kejahilannya dulu. Ternyata Arjuna mendekati Subadra untuk mengetahui banyak hal tentang Krishna. Subhadra jadi sedih karena tadinya berpikir Arjuna tertarik untuk mengetahui banyak hal tentang dirinya.

Kunti datang memberitahu bahwa jalan menuju Dwaraka telah dikuasai oleh iblis bernama Kalyavan. Subadra menangis ketakutan. Akhirnya Kunti menyuruh Arjuna mengantar Subadra pulang.

Saat beristirahat Arjuna bertanya pada Subadra tentang kenapa Krisna harus kabur ke Mathura hanya untuk mengalahkan Jarasandha?

Subadra ngambek karena tidak suka tindakan abangnya diragukan. Jadi Subadra tidak ingin lagi ditemani oleh Arjuna. Ternyata saat Subhadra berjalan sendiri Kalyavan menculiknya. Mendengar teriakan Subhadra, Arjuna langsung bergegas menolong.

Saat Arjuna dan Subadra sama-sama tercebur ke sungai datanglah Krisna. Saat kakinya menginjak air terjun, sungai di bawahnya terbelah sehingga Arjuna & Subadra bisa berjalan keluar sungai.

Khusus cerita dalam Episode tersebut jalan cerita tidak ada dalam cerita aslinya. Dalam kitab Mahabharata Subadra tidak pernah datang ke Hastinapura, Arjuna juga tidak pernah mengantar Subadra pulang.

Jalan cerita Arjuna menikah dengan Subadra juga agak berbeda dengan aslinya. Dikisahkan saat Arjuna menjalani masa pembuangannya karena tanpa sengaja mengganggu Yudhistira yang sedang bermesraan dengan Drupadi, ia berkunjung ke Dwarawati.

Pada saat itu ketika ada upacara besar di tepi pantai Prabasa, di dekat kerajaan Dwarawati. Upacara tersebut adalah upacara penyucian diri yang dilaksanakan oleh kerajaan Dwarawati yang dipimpin oleh Kresna dan Baladewa.

Arjuna melihat Subadra ditempat tersebut dan mengatakan pada Kresna bahwa dia sangat mencintai adiknya Subadra. Maka Kresna pun menyuruh Arjuna untuk menyamar menjadi pendeta, dan datang ke kerajaan Dwarawati.

Kisah Tokoh Tokoh MAHABHARATATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang