VRUSHALI - Istri Karna

12K 158 9
                                    

Tidak banyak kisah yang menceritakan wanita ini, namun nama Vrushali pernah disinggung dalam Udyogaparva atau bagian kelima dari kitab Mahabharata.

Vrushali berasal dari Kasta suta (sudra) dari kalangan kusir, ia juga merupakan isteri seorang prajurit Karna yang terkenal.

Dalam versi Mahabharata serial televisi, Vrushali adalah teman kecil Karna yang mana setelah dewasa mereka saling jatuh cinta dan akhirnya menikah. Sedangkan dalam cerita Mahabharata versi India, isteri Karna tidak pernah disebut namanya.

Kemunculan Vrushali pertama kali adalah saat Pandawa dan Drupadi pindah ke Indraprasta. Saat itu Vrushali ikut ayahnya yang seorang kusir kuda untuk pindah dari Hastinapura. Ayah Vrushali menawarkan kepada Drupadi agar anaknya menjadi pelayan pribadi Ratu Drupadi.

Setelah penyerangan Taksaka, dikisahkan hanya Vrushali yang selamat karena terjun ke dalam air. Nasib membawa Vrushali kembali ke Hastinapura. Saat dia ingin ke Indraprasta ternyata ada larangan bagi penduduk untuk pindah sehingga Vrushali tertahan di Ibukota Hastinapura.

Di episode 126 & 127 Vrushali bertemu dengan Karna yang ternyata adalah tetangga sekaligus teman sejak kecil. Pertemuan mereka diwarnai debat yang sengit dan akhirnya ditengahi oleh Kunti.

Atas permintaan Kunti dan sumpahnya pada Vrushali akhirnya Karna bersedia mengantar Vrushali ke Indraprasta, meskipun hal itu membuat Karna bersitegang dengan sahabatnya Duryudhana.

Pada Episode 129 Mahabharata Antv, Pandawa melihat Karna dan Vrushali di depan gerbang kota Indraprastha. Mereka heran dengan kedatangan Karna di kota mereka.

Arjuna memberi salam dan bertanya apakah Karna datang untuk melihat kota pandawa? namun Karna menjawab kalau dirinya tidak tertarik dengan kota mereka dan mengatakan tujuannya hanya untuk mengantarkan Vrushali.

Karna minta agar pandawa membawa Vrushali pada ayahnya. Pandawa lain sepertinya tidak senang dengan kedatangan Karna dan mengingatkan Karna akan nasib ibu mereka yang nerupakan tahanan Hadtinapura sekarang.

Karna membela Hastinapura dengan mengatakan kalau Kunti bukan seorang tahanan tapi ia adalah anggota keluarga kerajaan dan berkata kalau keputusan Kunti sendirilah untuk tidak datang ke Indraprastha. Pandawa tidak percaya apa yang dikatakan oleh Karna karena ia hanya bekerja untuk Duryudhana.

Karna yang tampak tersinggung mengatakan kalau dia telah mundur dari kedudukan raja Angga hingga ia menantang duel Arjuna. Karna dan Pandawa telah siap dengan senjata masing-masing. Krishna menenangkan keadaan yang memanas itu dan akhirnya mereka menurunkan senjata tidak jadi saling menyerang.

Krishna menganggap Karna adalah tamu Indraprastha dan mereka bersedia menjamu Karna. Namun Karna menolak karena ia datang ke Indraprastha hanya untuk menyampaikan pesan dari Kunti untuk Pandawa. isi pesannya "sampai Indraprastha menjadi kerajaan sendiri, Kunti tidak akan pernah memasuki kota Indraprastha".

Krisna memberi isyarat untuk mempercayai kata2 Karna dan Arjuna berterima kasih padanya. Karna menyerahkan Vrushali pada Pandawa lalu berpamitan untuk kembali ke Hastinapura.

Mata Vrushali berkaca-kaca sepeninggal Karna. Vrushali memandangi terus kepergian Karna.

Krishna yang mengerti perasaan Vrushali mendekatinya dan berkata kalau di dunia ini tidak ada ppria yang seperti Karna. Jika Vrushali tidak segera mengejarnya, maka Karna akan semakin jauh pergi meninggalkan Vrushali.

Vrushali memandang Krishna ama sepertinya ingin meminta izin dan Krishna mengangguk memberi izin. Dengan senyum gembira Vrushali berlari mengerjar Karna. Krishna juga ersenyum senang.

Vrushali mengejar Karna hingga di padang bunga yang sebelumnya sudah mereka lewati untuk mencapai Indraprastha. Vrushali memanggil Karna, saat Karna mendengar teriakan Vrushali ia heran kenapa Vrushali mengejarnya

(scenenya sangat romantis). Dipadang bunga itulah mereka saling pandang, Vrushali menyatakan perasaannya pada Karna dan Karna membuka hatinya

untuk Vrushali.

Pandawa dan Krishna juga melihat kepergiaan Karna. Mereka mengakui bahwa Karna adalah prajurit yang baik. Arjuna berkata kalau Vrushali akan aman selama bersama dengan Karna. Namun Krishna mengatakan yang sebaliknya bahwa Karna akan aman selama bersama dengan Vrushali.

Akhirnya Vrushali dan Karna menjadi suami istri.

Kisah Tokoh Tokoh MAHABHARATATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang