-question and answer

250K 29.5K 12.9K
                                    

Halo, mungkin ini akan sedikit membosankan karena ini bukan cerita utuh. Tapi kalau penasaran, dibaca sampai akhir aja ya!

Kemudian sebelum masuk ke pertanyaan-pertanyaan soal plot dan lain-lain, aku mau menjelaskan hal umum tentang himpunan dulu nih.





Anak-anak himpunan tuh jurusan apa sih? Kuliahnya dimana?
Sedari awal sebenernya aku memang ngga memikirkan kampus mereka dimana, tapi yang jelas mereka kuliah di jurusan Manajemen, dan kampusnya terletak di kota Bandung.



Kenapa aku ngga membuat latar kampusnya dimana?
Soalnya aku takut sistem himpunan yang aku buat disini dibanding-bandingkan dengan sistem himpunan yang ada di jurusan dan kampus tsb, kemudian malah menjadi perkara.



Fungsi dan jobdesc masing-masing departemen
Nah ini aku lalai banget karena ngga menjelaskan/ menceritakan dari awal, padahal ini esensial. Ya sudah, mari kita gunakan prinsip lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Jadi begini inti dari fungsi setiap departemen:

PSDMO = mengelola SDM dari proses recruitment, maintainance hingga development. Program penerimaan mahasiswa baru ada dibawah kendali departemen ini.

Humas = menjalin dan menjaga hubungan/ komunikasi dengan pihak internal maupun eksternal, menjadi perwakilan himpunan dan bertugas untuk menjaga citra baik himpunan.

Pengmas = melakukan berbagai kegiatan aktivitas sosial yang di breakdown ke dalam beberapa program kerja seperti aksi tanggap bencana, mengajar, kunjungan ke panti asuhan dll.

Marketing = bertugas dalam mem-branding himpunan, biasanya kalau di proker mereka akan masuk ke dalam divisi media partner dan sponsorship.

Keuangan = mencatat dan mengelola uang masuk dan keluar serta melakukan audit, kalau di kepanitiaan pasti jadi bendahara.

IT = mengelola website, mencari dan menyebarkan informasi yang terkait dengan kebutuhan mahasiswa. Kalau di kepanitiaan akan masuk ke divisi Publikasi & Dokumentasi yang dimana didalamnya juga termasuk menjadi tim desain.

Operasi = penyediaan barang yang dibutuhkan anggota himpunan untuk mendukung proker. Kalau di kepanitiaan turun jadi banyak: acara, logistik, keamanan, konsumsi dan dekorasi.

Sekian. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau sharing atau menambahkan boleh yaa.



Sejarah kepengurusan sebelum Doyoung dan Naya naik menjadi kahim wakahim:
Sebelumnya, Naya itu menjabat jadi wakadep departemen Humas. Kalau Doyoung, dia anak operasi, tapi dia naik jadi ketua proker besar (Irregular Music Festival) yang memang diadakan rutin setiap tahun.

Johnny sebelumnya menjabat jadi wakadep IT. Sejeong di departemen Pengmas dan Joy di departemen Marketing.
Sementara yang lain adalah anggota dari masing-masing departemen yang mereka pegang sekarang.



Kok Jungwoo, Winwin dan Jisung ngga masuk jadi pengurus?
Nah sebenernya aku tuh pengen ngasih pandangan lain, seperti ngga semua orang tertarik dan ingin masuk himpunan karena berbagai alasan dengan menghadirkan tiga orang ini.
Tapi sayang sekali aku belum sempat menceritakan mereka bertiga, mungkin nanti ya, semoga.



Doyoung sama Naya kenal darimana? Sebelum mereka naik, mereka tuh deket ngga sih?
Engga. Biasa aja. Mereka kenal karena mereka sejurusan dan seangkatan. Beberapa kali juga pernah satu kelas bahkan satu kelompok, tapi ngga akrab.



Terus kok Doyoung bisa milih Naya buat jadi wakil?
Karena Doyoung pernah jadi ketua proker dan Naya wakadep humas kan. Nah disitu mereka pernah beberapa kali rapat bareng dan Doyoung bisa ngeliat potensi Naya, makanya dia berani ngajak Naya untuk naik.



HIMPUNANWhere stories live. Discover now