ch. 5: Reject

1.2K 191 20
                                    

Pic: draft machine di ruang kerja Kyuhyun, dg ruangan berdinding kaca, kemarin lupa kasih gambarnya.

###

Sungmin mulai sibuk mengerjakan proyeknya, meskipun tidak pasti hasil buatannya akan dipakai untuk proyek Busan tapi dia tetap serius karena ini pekerjaan pertamanya di GDS.

Sungmin mulai menggarap bagian Underwater Building, pertama-tama dia memilih bahan apa yang akan dipakai sebagai dinding-dinding gedung bawah laut itu, tentunya harus berbahan kaca agar pengunjung dapat menikmati pemandangan bawah laut dari dalam gedung, jadi tugas Sungmin memilih bahan material kaca yang sesuai untuk air laut, baru kemudian dia membuat sketsa design.

Untuk menyambungkan Underwater building Sungmin membuat lorong kaca, sementara Underwater buildingnya sendiri berbentuk bundar dengan kubah bulat jadi seperti bola kaca dalam laut. Jika pekerjaan tidak selesai dilakukan di kantor Sungmin melanjutkannya di rumah, hampir setiap malam dia tidur jam 2 atau jam 3 pagi, hingga akhirnya semua sketsa selesai dan design grafis juga selesai.

Kyuhyun selalu bertemu Sungmin setiap hari dan Sungmin selalu terlihat fresh tanpa terlihat kalau dia selalu tidur larut. Sungmin sudah tidak merasa risih harus naik mobil direktur setiap hari karena berpikir dia sudah berteman dengan direktur, tapi dia tetap menggunakan bahasa sopan jika ada pegawai lain untuk menghormati jabatan Kyuhyun, meski di depan sekretaris Kim sekalipun.

Lain pikiran Sungmin lain pula pikiran Sekretaris Kim, meski dia melihat tidak ada yang aneh dengan sikap Sungmin dan Sungmin masih hanya menganggap Direktur Cho sebagai atasan dan kenalan saja tapi dia tetap yakin akan perasaan bossnya dari keistimewaan yang diberikannya pada Sungmin. Dengan itu sekretaris Kim juga tahu kalau perasaan bossnya tidak terbalas, lebih tepatnya tidak tersampaikan, karena jelas perasaan cinta sejenis itu tidak umum di mata orang, dia yakin bossnya pasti tidak bisa mengungkapkan perasaan begitu saja.

Sekretaris Kim cukup cerdas untuk menurunkan Sungmin di lobby depan karena jika sampai ke parkiran akan ada banyak pegawai yang datang mobil melihat Sungmin diantar direktur setiap hari. Meskipun mereka tidak mungkin akan serta merta mengira mereka pacaran tapi jika Sungmin dianggap dekat akan menimbulkan kecemburuan sosial juga.

Rapat presentasi proyek Busan diadakan di lantai 3 kantor GDS, lima orang arsitek GDS ditambah Sungmin jadi berenam, di antaranya 4 arsitek bangunan dan 2 arsitek LED, kini mereka mempresentasikan hasil kerja mereka.

Sungmin memperhatikan rekan kerjanya mempresentasikan karya mereka dan ada salah satu bagian yang sama dengan yang akan Sungmin presentasikan, hal ini memang tidak bisa dihindari mengingat semua diharuskan membuat contoh untuk dipilih yang terbaik, bermacam bentuk sudah ada, mulai dari bentuk satu kotak, tumpukan kotak, pentagonal, hexagonal, bahkan arsitek perempuan Korea itu menyertakan visualisasi LED karena dia arsitek designer LED, sebuah video dalam kubah bulat dengan diatasnya ikan beterbangan tanpa jarak, seolah pengunjung berada dalam air di bawah laut.

Sungmin seketika merasa kalah.

Tapi bagaimanapun juga presentasi tetap harus dilakukan. Sungmin mempersiapkan lembaran sketsa di papan presentasi, menjelaskan bagian-bagian design yang dia buat, secara visualisasi dapat dilihat dengan model design dari design grafis komputer yang diproyeksikan ke dinding papan, kenapa dia membuat atap Underwater building berbentuk kubah membulat.

"Agar secara visual mereka merasa di dalam air dan tidak terbatas dinding kaca, tidak akan ada siku-siku bangunan seperti jika bangunan tersebut berbentuk seperti kotak kaca" meskipun orang lain sudah tahu maksudnya karena presentasi sebelumnya juga sudah diterangkan dan bahkan lebih jelas lagi dengan menunjukkan visualisasi video.

Selain Underwater Building, karya Sungmin bagian lain tidak terlalu menonjol, dibanding design rekan kerjanya design Sungmin masih sangat biasa, contohnya untuk Shark Pool, ada yang membuat kolam hiu dengan kedalaman puluhan meter mempertimbangkan hiu suka berenang di laut dalam jadi akan lebih nyaman untuk faunanya juga, lalu bagian Mermaid Show ada yang membuat contoh design grafis mermaid yang berenang bebas di sebuah aquarium berbentuk silinder raksasa dengan karang dan ikan warna warni di dalamnya, kemudian crocodile zone ada yang membuat efek matahari buatan karena buaya suka berjemur di darat.

AbidingWhere stories live. Discover now