Jawaban Q & A Tentang Cerita

68.1K 2.4K 385
                                    

Buat yang udah tanya di part "Q & A Tentang Cerita" atau via IG atau via DM atau nggak tanya tapi udah terwakili pertanyaannya, silahkan simak jawaban sebisanya ini hehe... Moga_moga nggak ada yang terlewat.

1. Apakah ini kisah nyata?

Aku sampe bosen jawabnya >_<

2. Nama tokoh di sini asli atau samaran?

Samaran tapi mirip nama aslinya.

3. Gimana cara penyusunan cerita?

Cerita disusun dengan mendengarkan curhatan Kendra, ditambah cerita dari Vania. Kalau yang Andre POV cuma didapat dari cerita Kendra. Setelah mereka baikan, Andre cerita semuanya ke Kendra. Dari situlah kisah ini diramu dengan berbagai mantra hingga menjadi sebuah cerita yang ditulis sejak Feb 2016. Omaigot lama amat bikin satu cerita aja >_<

Setiap partnya, selalu dibaca terlebih dulu oleh Ibu Kendra supaya nggak melenceng dari aslinya. Karena itulah, kadang penulisnya bebal terhadap masukan pembaca yang bilang ceritanya terlalu muter-muter. 'Kan memang awalnya ditulis untuk Kendra, jadi apapun respon pembaca, tetap cerita ini kuteruskan sesuai plot awal, meskipun banyak pembaca yang akhirnya bosan dan memilih tidak melanjutkan. Nggak apa-apa. Fokus saja pada tujuan awal hingga akhirnya tercapai apa yang diinginkan.

Ini bukan cerita fiksi yang bisa kuubah alurnya atau kusingkat-singkat seenak hati :)

4. Wawancara Sellina juga?

Omaigottt ya enggaklah!

5. Apakah ada penambahan dalam cerita? Jika iya, berapa persen fiksinya

Pastinya ada sebagai bumbu cerita. Tapi nggak banyak, kurang lebih 20 % sebagai perekat jalinan cerita aja.

Selebihnya, terutama kejadian dan dialog antara Andre dan Kendra, semuanya nyata terjadi.

5. Apa Andre, Kendra, Rico, Vania, Sellina tau mereka dijadikan cerita?

Cuma Kendra dan Vania yang tau. Kalo si Ayah tau huuuuu bisa ditimpuk pake barbel.

6. Ide pengin ngejadiin curhatannya Ibu Kendra jadi cerita muncul dari mana?

Sebenarnya dari dulu suka nulis cerita pendek berdasarkan kejadian nyata. Suka aja. Feelnya lebih dapet dan lebih membumi. Kejadian dan karakter tokohnya bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari jaman sekolah bikin cerita tentang pacarannya teman di kelas sebelah, cerita seru kegiatan OSIS, sampai sekarang hampir semua ceritaku dari kisah nyata. Mungkin ini juga karena banyak orang yang suka curhat sama aku, seolah di dahiku ada stempel "TEMPAT CURHAT" hahaha sampai atasanku pun curhat ke aku.

Kenapa Kendra pada akhirnya yang dijadikan tulisan pertamaku di Watty? Tiba-tiba pingin aja. Kayaknya lucu, kayaknya seru. Karakter Andre yang lebay dipadukan dengan karakter Kendra yang manja dan semaunya, ditambah Rico yang lempeng, dan Vania yang tergila-gila padanya. Selain itu, aku maunya di tiap tulisanku ada pesan yang bisa diambil, nggak cuma sekedar cerita. Kupikir kisah hidup Kendra banyak pesan moralnya.

Kebetulan dia setuju aja kisahnya diangkat ke dalam tulisan, dengan syarat tetap melindungi privacy semua tokoh, terutama Sellina, karena bisa mencoreng namanya. Karena itulah fotonya diblur. Ya kali nggak diblur. Haduuuh aku bisa disomasi.

7. Apakah saat cerita ini di update, para tokoh aslinya membaca cerita ini dan juga komen? Kalo iya, apa tanggapan mereka?

Kendra dan Vania baca. Mereka ketawa-ketawa aja. Nyantei orangnya.

Marrying Mr. PerfectМесто, где живут истории. Откройте их для себя