Random Notes Jelang Terbit

2.3K 321 172
                                    

Ada dua cara mengobati rindu ketika komunikasi jarak jauh tidak cukup lagi:

think about him dan don't think about him.

Dua-duanya lumayan meredakan rasa kehilangan... untuk sementara. Setelah itu, muncul efek samping. Memikirkannya ataupun tidak, rindu semakin mendera. Siklus pun berputar lagi, lebih intens setiap kalinya.

Rindu menjadi candu; aku menderita karenanya, tapi serasa tidak hidup tanpanya

Mengerikan, kata River. Lalu ia mencoba mengintervensi dengan membentuk grup Clairmates.

Tujuannya: membantuku melalui hari-hari senormal mungkin.

Anggotanya: River, Kei, Bang El, dan Tante Fang.

Tugasnya: menemaniku.

Alhasil, aku tidak pernah sendirian. Terutama di minggu-minggu pertama. Kupikir, pengaturan itu lebay, tapi pada akhirnya, aku menikmati setiap waktu bersama masing-masing. Saat itu, Shai akan hadir di pojok memori, dan tersenyum tiap kali aku menoleh kepadanya.

❃❃❃❃❃

Huaaaaa, petikan di atas adalah bukti penulis juga susah move on. Teks di atas enggak ada di novel cetak kok. Iseng aja lanjut-lanjutin.

Jadi, siapa yang mau gabung di grup Clairmates bentukan River?

❃❃❃❃❃

Alasan untuk membaca dan memiliki versi cetak:

1. Naskah melalui Self Edit-Revise-Rewrite menyeluruh

Versi Wattpad mencapai 290-an halaman.  Batas maksimal dari penerbit 275 halaman, sudah harus termasuk extra parts 25 halaman.

Melalui penyisiran per kata, per kalimat, per paragraf, untuk mencari yang kurang mendukung, tidak relevan, dan OOT, berkurang jadi 250 lalu ditambah extra 25 halaman. Jangan khawatir. Tidak ada adegan penting yang dibuang.

2. Tanpa plothole

Di Wattpad, pembaca bilang, Clair sudah rapi, tidak ada lubang. Ternyata ada loh, malah besar banget sampai aku geli sendiri. Jadi lubangnya tercipta karena kita percaya sepenuhnya dengan pemikiran Rhea. Nah, ada pemikirannya yang selip, lompat. Saking kita terpesona dengannya, lubang itu tersamarkan. Semuanya terlihat logis.

Tidak hanya dikoreksi, aku tulis ulang, sehingga ada bagian yang benar-benar beda.

3. Ada ilustrasi dalam, oleh Rui Kaiser. Intip aja nih.

 Intip aja nih

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

4. Selain keseluruhan naskah yang "beda", ada 2 bab ekstra.

Setelah adegan apel di rumah sakit itu, kalian dibawa ke setting wawancara saksi. Banyak informasi di sini yang menjawab pertanyaan kalian.

Lalu ada side story dari POV Shai tentang 1 Januari saat pertama kali bertemu Aidan. Lalu 1 Januari berikutnya saat ia dan Aidan bertemu Rhea.

Lain-lainnya sudah terjelaskan di sepanjang naskah.

5.  Cover yang cantik.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Clair memang bernuansa gelap

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Clair memang bernuansa gelap. Kematian, kehilangan, kekerasan, masa lalu yang menyedihkan, dst. Itu sebabnya ada opsi background hitam. Ini mewakili Shai.

Tapi subtitle THE DEATH THAT BRINGS US CLOSER, meski ada deathnya justru menawarkan sisi positif, nuansa terang. Dalam kegelapan, ada harapan dan hikmah. Ini terwakili pada background putih. Kupikir ini Aidan banget. Rhea justru dekat dengannya setelah....

Aku dan editor penerbit masih memikirkan mau pilih yang mana. Apa yang akan kita tekankan dengan Clair? Apa fokus kita?

6. Setiap bab diberi judul dan ada penanda waktu kapan suatu adegan mulai terjadi. Dengan demikian, alurnya lebih mudah diikuti dan masuk akal.

 Dengan demikian, alurnya lebih mudah diikuti dan masuk akal

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

7. Versi Wattpad akan dihapus sebagian. Direncanakan awal Agustus, tapi karena beberapa Clairmates sedang marathon baca, ditunda.

❃❃❃❃❃

Sekarang, di Penerbit Republika, Clair sedang tahap layout dan proofreading. Coming Soon ya. Akan diberitahuan segera tanggal terbitnya. Perkiraan akhir Agustus hingga mid September.

Terima kasih, Clairmates!

Salam sayang.

Ary

CLAIR [Sudah Terbit]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang