002. Brocade Carp

7K 728 349
                                    

˙˚ʚ('◡')ɞ˚˙
Author: T97
English Translator : Lianyin
Indonesian Translator : shenyue_gongzu
.
.
.

Seekor ikan mas brokat sedang mengambang di dalam toples porselen.

*锦鲤, ikan mas brokat atau lebih dikenal sebagai koi.

Seolah-olah dia bosan sampai mati, bahkan tidak ingin bergerak. Jendela di ruang dalam terbuka, dan tiga atau empat titik kepingan salju melayang dari luar. Mengayunkan ekornya, ia berenang memutar, lalu menyentuh kepingan salju dengan mulutnya. Ia membeku sesaat, lalu tiba-tiba tenggelam ke dalam air, menggelengkan kepalanya karena terkejut. Ikan mas brokat bermain sendiri untuk sementara, tapi masih sepi, jadi dia mengapung lagi dan menatap pria di sofa kayu yang sedang tidur dengan pakaian lengkap.

*榻, sofa kayu panjang dan sempit yang sekaligus berfungsi sebagai tempat tidur.

*Note: biasanya kalau tidur jubah luar nya dilepas, jadi cuma pakai jubah dalam/baju dalam

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

*Note: biasanya kalau tidur jubah luar nya dilepas, jadi cuma pakai jubah dalam/baju dalam.

Ikan mas brokat ini belum pernah melihat orang lain, jadi tidak tahu bagaimana menilai keindahan dan keburukan dunia ini. Tetapi ia sering memandang orang ini dengan terpesona, seolah-olah seluruh hari yang menyenangkan itu terkonsentrasi pada momen ini. Dengan tatapan ceroboh, dia mengukur alis, mata, mulut, dan hidung pria itu, menangkap sekilas sentimentalitas dan kelembutan di antara fitur wajah itu. Namun ketika orang ini bangun, wajahnya akan berubah menjadi sangat dingin, menjadi sangat terasing dan jauh seperti potongan dupa terbakar yang diletakkan di bawah lapisan es. Untungnya, pria itu tampaknya terluka dan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur.

Ikan mas brokat telah mengawasinya cukup lama ketika melihat bahwa salju semakin lebat di luar dan banyak salju menyelinap masuk melalui jendela. Pria ini masih tidak sadar saat kepingan salju mendarat di dahinya dan perlahan meleleh.

Ikan mas brokat memperhatikan dan merasa kesal. Sudah berbulan-bulan dengan orang ini, dan tidak pernah sedekat ini dengannya. Namun hari ini, kepingan salju yang berani ini telah mengalahkan ikan brokat itu. Atas dasar apa?!

Ikan mas brokat menepuk dinding porselen dengan keras, mengaduk air, dan melompat masuk dan keluar memercikkan air ke mana-mana. Keributan yang diciptakannya membuat pria itu mengerutkan kening ringan sebelum dia membuka matanya. Setelah beberapa saat penundaan, pandangan pria itu beralih ke toples porselen putih. Tepat pada saat itu juga, ikan mas brokat itu “mencebur” ke dalam air, memercikkan genangan air ke atas meja kecil.

Ia mengira pria itu akan bangun untuk menghiburnya sekarang, tetapi siapa yang menyangka bahwa dia hanya akan memandangnya dengan curiga, lalu mengangkat satu jari dan menunjuknya ke udara sebelum dia menutup matanya lagi untuk tidur. Ikan mas brokat itu di ubah posisinya dengan tujuan tunggal; Ia bahkan tidak bisa mengibaskan ekornya dan hanya bisa mengapung dengan kaku di atas air. Ia membuka mulutnya ingin memanggil, tapi ia hanya bisa meniup gelembung. Ikan mas brokat itu menjadi marah dan berpikir, aku akan mengabaikannya beberapa hari ini, tidak peduli bagaimana dia akan merayu dan membujukku, aku akan mengabaikannya!

[END] Nan Chan (南禅) | Bahasa IndonesiaWhere stories live. Discover now